Senin, 14 Februari 2011

tipe-tipe butter cream


Butter cream di Amerika di buat dengan teknik creaming ( gula halus dan lemak di kocok secara bersamaan )untuk mendapatkan hasil yang lebih baik dapat ditambahkan dengan putih telur, kuning telur, atau susu. buttercream digunakan untuk frosting, mengisi dan menghias kue.
Kebanyakan buttercreams dapat dibiarkan pada suhu kamar tanpa meleleh. Buttercreams dibuat dengan shortening dan kadar gula yang lebih tinggi menahan suhu panas  lebih baik daripada yang dibuat semata-mata dengan mentega. Pendingin akan menyebabkan buttercream mengeras. Jika didinginkan kue akan membeku dan  buttercream bisa retak. Pilihan lemak dan teknik pengolahan  dalam frosting buttercream berkaitan erat dengan stabilitas dan daya tahan dari butter cream tersebut
Berikut ini beberapa tipe butter cream berdasarkan teknik pengolahanya :
Meringue buttercream
Meringue butter cream Juga dikenal sebagai buttercream Italia, buttercream ini mirip cara pembuatannya dengan  buttercream Prancis. Sebuah sirup gula dan air dimasak  hingga mendidih atau masuk dalam tahap soft ball lalu dituangkan putih telur diaduk hingga membentuk meringue .Lemak ditambahkan ke meringue setelah dingin . Seringkali, saat menambahkan  mentega , campuran akan terpisah dan  beku .cara ini paling sering digunakan  untuk frosting kue dan roti, dan tidak membentuk lapisan kulit.
buttercream Swiss.
Gula  ditambahkan langsung ke putih telur dingin dalam mangkuk di atas penangas air mendidih. Campuran dikocok sampai suhu dari campuran mencapai 140 F. Pada titik ini telur dipasteurisasi aman. campuran tersebut kemudian dikocok kecepatan tinggi sampai puncak kaku bentuk dan didinginkan. Mentega ditambahkan dengan sedikit margarin untuk menstabilkan krim.
buttercream Perancis
buttercreams Perancis dibuat dengan memasukan sirup gula yang telah mencapai tahap soft-ball ke dalam kuning telur lalu dikocok ringan. Butter cream jenis ini memiliki tekstur yang halus,  ringan, fluffy (lembut) dan bercahaya. buttercreams Prancis cenderung lebih cepat mencair dari buttercreams jenis lain karena kandungan lemak yang lebih tinggi dari kuning telur dan mentega. Untuk buttercream Perancis , lebih baik untuk di simpan dalam plastic dan di masukan kedalam lemari pendingindan di keluarkan selama 10-15 menit sebelum di gunakan.
Butter cream yang di buat dengan bahan dasar mentega (butter) memiliki  tekstur lebih lembut, rasa lebih  unggul dan mouthfeel (mudah melebur di dalam mulut tanpa meninggalkan lemak) bila dibandingkan dengan shortening nabati . Mentega mencair pada suhu yang lebih rendah, meskipun, membuatnya lebih sulit tetapi butter cream dengan menggunakan mentega (butter) lebih mudah untuk digunakan karena memiliki tekstur yang lebih lembut di bandingkan dengan butter cream menggunakan margarin.dan warna yang di hasilkan dari butter cream yang menggunakan mentega adalah  off-white di akhir frosting.sedangkan butter cream dengan bahan dasar margarine telah popular pada abad ke-20, karena margarine lebih murah dan lebih stabil pada suhu ruang (tidak mudah meleleh), hanya saja butter cream dengan bahan dasar margarine tidak larut dalam mulut dan menimbulkan kesan berlemak,rasanya juga kurang enak dan produk yang dihasilkan dapat menimbulkan masalah dengn kesehatan.
Flavorings dalam butter cream
 umumnya hadir dalam frosting buttercream. Vanili dan coklat adalah penambahan yang paling umum, dengan kopi juga merupakan bumbu yang populer. Hapus vanili ekstrak dapat digunakan untuk membuat frosting berwarna ringan. Untuk buttercreams coklat, coklat bubuk atau coklat cair yang ditambahkan selama tahap creaming atau menjelang akhir. Sopi manis atau ekstrak , seperti almond atau peppermint , juga dapat ditambahkan. Untuk meringue-jenis dan buttercreams Perancis, sirup gula dapat disiapkan dengan halus parutan jeruk animo atau cairan seperti jus untuk rasa meningkat. Makanan pewarna dapat ditambahkan dengan mudah ke buttercream apapun.
Fakta buttercream  :
·         Umum digunakan di Amerika Serikat sejak tahun  1930-an
·         Dapat ditambahkan pewarna makanan
·         dikenal Juga sebagai krim mock
·         Harus disimpan dalam lemari es
·         Bisa ditambahkan flavouring (perasa)
Frosting buttercream Tips
·         Pengocokan atau pencampuran harus pada suhu ruangan .
·         Tambahkan garam untuk telur putih sebelum pencampuran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar