Senin, 31 Januari 2011

Chiffon Cake


1. Pengertian Chiffon Cake
Chiffon cake adalah cake yang dibuat dengan mencampurkan kuning telur, minyak, tepung terigu, serta baking powder. Sedangkan putih telur dan gula dikocok tersendiri sampai mengembang baru dicampurkan.
Chiffon cake merupakan cake dengan tekstur lembut seperti kapas, dan juga rendah kolesterol karena tidak menggunakan terlalu banyak telur, dan tidak menggunakan mentega, melainkan minyak sayur.Cita rasa chiffon cake dimodifikasi sesuai selera, cocok dipadu dengan sayuran, buah segar maupun bumbu rempah.
2. Sejarah Chiffon Cake
Alkisah, pada tahun 1927, Harry Baker, seorang agen asuransi Los Angeles, menemukan resep cake lembut ini. Selama dua dekade Harry Baker menyimpan resep ini dengan sangat berhati-hati. Ia menjual kue karyanya itu ke para bintang Hollywood dan membuat kue ini untuk restoran terkenal Brown Derby.
Rahasia kue chiffon cake Baker yang ringan dan halus adalah minyak nabati . Dia mengganti mentega biasa dengan minyak nabati. Tahun 1947, Jenderal Mills membeli resep dari Harry Baker. Tahun berikutnya, Mills mempublikasikan resep rahasia itu di majalah Better Homes and Gardens dan ini menjadi berita sensasional. Bahan rahasia, minyak nabati akhirnya terungkap. Majalah Better homes and Garden mengiklankan kue ini sebagai "Kue luar biasa pertama dalam 100 tahun."
Pada tahun 1950, Mills mensponsori kontes pembuatan chiffon cake. Orang-orang membuat kue ini dengan berbagai rasa. Sejak saat itu, cake ini menjadi terkenal di seluruh dunia dan memiliki berbagai cita rasa.
3. Teknik Pengolahan Chiffon Cake
Kue ini proses pembuatannya cukup unik, karena putih telur dikocok terpisah dari kuning telur. Untuk lemak pun chiffon cake memilih minyak, bukan mentega. Hasilnya, tekstur kue berlubang-lubang mirip spons. untuk chiffon cake, cetakan atau loyang tidak boleh mengandung minyak atau lemak. Jika tidak, maka cake tidak akan mengembang dan tinggi.
Campur terigu dan baking powder hingga rata. Ayak dan buat lubang di bagian tengah terigu.Campur kuning telur, air dan minyak, aduk rata. Tuang campuran kuning telur dalam lubang terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga rata. sisihkan.Kocok putih telur hinga setengah kaku.Masukkan gula pasir dan air jeruk sedikit demi sedikit sambil terus dikocok hingga kaku. Masukkan dalam campuran terigu sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan.Adonan dasar chiffon siap digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar